Selasa, 11 September 2012

Human Relation

1. Imitasi
Imitasi merupakan proses sosial atau tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap, penampilan, gaya hidup, bahkan apa saja yang dimiliki orang lain.Sedangkan dari wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Imitasi  adalah suatu proses kognisi untuk melakukan tindakan maupun aksi seperti yang dilakukan oleh model dengan melibatkan indera sebagai penerima rangsang dan pemasangan kemampuan persepsi untuk mengolah informasi dari rangsang dengan kemampuan aksi untuk melakukan gerakan motorik. Proses ini melibatkan kemampuan kognisi tahap tinggi karena tidak hanya melibatkan bahasa namun juga pemahaman terhadap pemikiran orang lain.

2. Sugesti
Sugesti adalah suatu proses dimana seseorang individu menerima suatu cara
penglihatan, atau pedoman-pedoman tingkah laku dari orang lain tanpa kritik
terlebih dahulu.

3. Identifikasi
    Identifikasi adalah pemberian tanda-tanda pada golongan barang-barang atau sesuatu. Hal ini perlu, oleh karena tugas identifikasi ialah membedakan komponen-komponen yang satu dengan yang lainnya, sehingga tidak menimbulkan kebingungan. Dengan identifikasi dapatlah suatu komponen itu dikenal dan diketahui masuk dalam golongan mana

4.  Empati

  • Keadaan afeksi seseorang yang seolah-olah mengalami sendiri keadaan emosi yang dialami orang lain berarti melibatkan kemampuan afektif seseorang.
  • Mampu memahami perasaan dan masalah orang lain dan berpikir dengan sudut pandang orang lain.
  • Kemampuan untuk ikut merasakan persepsi orang lain, yaitu memandang dan merasakan sesuatu seperti cara orang lain memandang dan merasakan.
  • Merupakan respon emosional
  • Melibatkan keterampilan kognitif, seperti kemampuan mengerti keadaan emosional orang lain.Sumber : http://phietablogdiary.blogspot.com/2009/06/pengertian-empati-1.html
5. Simpati
    Simpati adalah proses kejiwaan , dimana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau kelompok orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya atau perbuatannya yang sedemikian rupa.
Sumber : http://annyeong-rara-imnida.blogspot.com/2011/11/pengertian-imitasi-identifikasi-sugesti.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar